Indolucky7
Indolucky7

FIFA: Suara Mesir untuk Salah Tidak Sah Akibat Tulisannya Keliru

22

FIFA buka suara terkait tidak sahnya suara Timnas Mesir untuk Mohamed Salah di pemilihan pemain terbaik. Kesalahan redaksional jadi alasannya.

The Best FIFA Men’s Player 2019 dimenangi pemain Barcelona Lionel Messi, yang mengalahkan Virgil van Dijk (Liverpool) dan Cristiano Ronaldo (Juventus). Bola Tangkas.

Salah, yang juga masuk dalam 10 besar nominasi, cuma menempati urutan keempat dalam pemungutan suara. Hal itu diklaim karena dua suara dari Federasi Sepakbola Mesir (EFA) hilang.

EFA diklaim tidak mendaftarkan suara pelatih Shawky Gharib dan kapten Ahmed Elmohamady kepada FIFA. Namun, EFA menyebut bahwa mereka sudah memilih Salah. Buntut tidak masuknya Salah ke tiga besar, top skorer Premier League itu pun disebut marah besar kepada EFA meski sudah dibantah. Tak ingin persoalan Salah dan Timnas Mesir itu berkepanjangan, FIFA akhirnya buka suara.

Menurut FIFA, tidak sahnya suara pelatih dan kapten Mesir gara-gara penulisan tanda tangan pada surat suara menggunakan huruf kapital.

“Tanda tangan pada surat suara Mesir dalam huruf kapital dan dengan demikian tampaknya tidak valid (tidak otentik),” demikian pernyataan resmi FIFA.

“Selain itu, formulir pemungutan suara juga tidak ditandatangani oleh sekretaris jenderal (federasi) yang wajib dilakukan.” Selain itu FIFA mengaku sudah menghubungi EFA perihal surat suara itu dan meminta untuk segera memberikan revisinya pada 19 Agustus lalu. Namun, hal itu tidak dilakukan karena EFA tengah dilanda konfik internal.

Ini setelah Presiden EFA mengundurkan diri karena kegagalan Mesir di Piala Afrika lalu saat dikalahkan Afrika Selatan di babak 16 besar. Padahal Mesir saat itu berstatus sebagai tuan rumah,.

Negara Afrika lain yang bermasalah adalah Sudan. Pelatih Sudan, Zdravko Logarusic, memposting gambar kertas suaranya yang memilih nama Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Kylian Mbappe. Namun pada daftar yang dirilis FIFA, pilihannya berubah menjadi Messi, Virgil van Dijk, dan Mane.

Tak cuma itu, ada juga kesalahan pengumuman pemilihan pemain oleh kapten Timnas Nikaragua. FIFA juga sudah mengirimkan surat kepada keduanya.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*