Indolucky7
Indolucky7

Bruno Fernandes, Tawarkan Produktivitas Gol Dari Lini Tengah

Bruno Fernandez

Selain Joao Felix, terdapat satu nama lain dari Liga Portugal yang akan menjadi buruan transfer klub-klub top Eropa pada musim panas mendatang. Sosok itu adalah gelandang Sporting Lisbon, Bruno Fernandes.

Pemain berusia 24 tahun itu sedang menikmati musim terbaiknya di Portugal, dengan mencetak gol ke-28 pada musim ini dalam kemenangan 3-1 atas Aves pada Sabtu (13/4) lalu. Torehan golnya itu memecahkan rekor yang dimiliki oleh Frank Lampard, yang mencetak 27 gol bersama Chelsea pada musim 2009-10 lalu dari seorang pemain tengah.

Namanya pun mulai dikaitkan dengan Manchester United, Liverpool, Tottenham, Paris Saint Germain hingga Juventus. Para pemandu bakat datang langsung untuk menyaksikan permainan Fernandes pada musim ini. Ia pun memiliki banderol rilis senilai 100 juta euro dalam kontraknya. Jadi siapa sih Bruno Fernandes?

Lima tahun yang lalu ia memutuskan untuk mengambil langkah besar dan pindah ke Italia untuk bermain untuk tim Serie B, Novara, sebuah langkah yang tidak terduga bahkan untuknya. Kala itu Novara membayar sebesar 40 ribu euro untuk pemain berusia 17 tahun itu. Sebuah hal yang tak lazim bagi pemain muda Portugal yang biasanya ditampung oleh tiga klub besar Porto, Benfica atau Sporting. Agen Sbobet.

“Itu agak aneh, ketika seorang pencari bakat datang untuk melihat pemain Sporting Braga lain, tetapi dia menyukai saya dan merekrut saya,” kata Fernandes dalam wawancaranya untuk ‘Mais Futebol.

Setelah mencetak empat gol dan menyumbang dua assist dalam 21 pertandingan, Udinese memboyongnya dengan nilai 2,5 juta euro. Meskipun dia harus menunggu 11 pertandingan resmi untuk debutnya, Fernandes menemukan gol perdana saat melawan Napoli dan setelah tiga tahun ia dipinang oleh Sampdoria untuk masa yang cukup singkat. Dengan modal 25 gol, 18 assist dalam 164 pertandingan di Italia, panggilan untuk kembali ke Portugal pun datang pada Fernandes. Pada tahun 2017, Sporting menjadikannya rekrutan kedua termahal dalam sejarah klub.

Dalam 10 pertandingan pertamanya, mengenakan jersey bergaris hijau dan putih, dia sudah mencetak enam gol dan memberikan dua assist, dan keterampilannya telah dibandingkan dengan legenda Portugal yakni Rui Costa. Fernandes memiliki olah bola yang stabil, visi permainan, tembakan kuat dari jarak jauh dan kemampuan untuk menentukan tempo bermain, namun demikian ia tetap tidak mau dibandingkan dengan idolanya tersebut.

“Rui Costa adalah pemain yang saya idolakan; referensi untuk saya,” katanya. “Dia memiliki karir yang luar biasa dan dia hanya perlu memenangkan sesuatu dengan Portugal, tetapi saya pikir saya perlu lebih untuk menjadi seperti dia, itu adalah perbandingan yang tidak adil.”

Kekacauan yang terjadi di Sporting yang melibatkan suporter dengan para pemain, membuat Fernandes dan sembilan pemain utama klub pergi di akhir musim 2017-18. Saat itu pada bulan Mei 2018, beberapa suporter melakukan penyerangan di markas latihan klub. Bahkan striker Bas Dost mengalami cedera dalam kejadian itu. Berselang satu bulan sejak kejadian itu Fernandes memutuskan untuk kembali berseragam Sporting dan melupakan kejadian memalukan tersebut.

“Tidak masalah siapa yang harus disalahkan, sekarang semuanya sudah berakhir. Sporting membuka halaman baru dan saya percaya itu akan sangat baik,” kata Fernandes dalam konferensi pers.

Fernandes, yang merupakan bagian dari timnas Portugal di Piala Dunia 2018 di Rusia, tidak menyangkal laporan media bahwa ia telah mendapat gaji dua kali lipat dalam kontrak barunya yang berdurasi hingga tahun 2023 mendatang.

“Apa yang saya katakan adalah bahwa saya tidak ingin memperbaiki kontrak – saya tidak melakukan pemerasan. Jika itu untuk sisi keuangan, saya tidak akan berada di sini,” katanya. Pujian datang dari mantan pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho kepada bakat dan permainan yang dimiliki oleh Bruno Fernandes dan juga Joao Felix.

“Mereka bukan Cristiano (Ronaldo). Tetapi, kedua pemain itu fantastis, talenta hebat, dan mereka bisa bermain untuk tim mana pun di dunia,” tegas Mourinho dilansir Football Espana, Selasa (2/4).

Musim lalu ia terpilih sebagai pemain terbaik Liga Portugal dan masuk ke dalam jajaran susunan pemain terbaik Liga Europa.

Apa Selanjutnya?

Liga Primer Inggris akan menjadi arena yang cocok untuk membuktikan kualitas Fernandes. Dengan memiliki gaya pemain tengah modern, semua tim besar akan cocok bagi mantan pemain akademi Boavista ini.

Fernandes adalah permata di lini tengah. Dia memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi gelandang kelas dunia. Dia memiliki keterampilan umpan dan menembak yang luar biasa, dan itu membuatnya menjadi ancaman dalam berbagai situasi bola mati. Sebagai playmaker, ia cepat dengan gerakan baik atau tanpa bola.

Gelandang ini memiliki keahlian lain untuk memotong dari dalam sayap dan kemudian mencetak gol dari luar kotak. Dia adalah pemain dengan gaya dribble yang cukup bagus juga.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*